Rabu, 14 November 2007

Tahukah anda.....


Kesalahan – kesalahan dalam melaksanakan sholat baik secara jama’ah maupun munfarid :


1. Melafdzkan niat, seperti ucapan “ Usholli Fardhodhuhri Arba’a Roka’atillillahi Ta’alaa….”. Hal ini merupakan suatu kesalahan yang banyak terjadi dikalangan masyarakat. Dimana yang sebenarnya niat tempatnya adalah dihati dan tidak perlu untuk dilafadzkan. Syaikhul Islam Ibn Taimiyah mempunyai pendapat yang baik mengenai perselisihan dalam hal ini yang disampaikannya secara panjang lebar. Di antara pendapatnya dalam masalah ini adalah bahwa melafadzkan niat sebagai suatu kesalahan atau kekurangan dalam akal dan agama dan hal tersebut merupakan suatu bid’ah yang jelek (Majmu’ Al Fatawa, 22/227-258).


2. Mengangkat kedua tangan sewaktu takbirotul ikhrom dengan menunjukkan sikap meremehkan, tidak peduli dan kurang mengagungkan Allah dan kurang khusu’. Sebagian orang sholat ada yang mengangkat tangannya sejajar dengan pusar dimana seharusnya orang yang takbiroyul ikhrom haruslah mempunyai niat yang sungguh-sungguh dan tidak menyepelekan hal tersebut dimana posisi tangan pada waktu takbir adalah sejajar dengan telinga atau bahu.


3. Sebagian orang yang sholat ada yang jika masuk masuk masjid, sementara imam sedang bangkit dari rukuk atau imam sedang sujud, lalu dia menunggu imam sampai melakukan duduk tasyahud atau berdiri. Yang benar adalah apabila makmum masuk masjid maka wajib baginya melakukan sholat sesuai apa yang sedang dilakukan oleh imam saat itu juga, baik dia dalam keadaan sujud maupun telah bangkit dari ruku atau pada posisi yang lainnya.


4. Posisi punggung tidak rata pada waktu melakukan rukuk padahal ia mampu melakukannya. Jika ia mampu untuk meluruskan punggungnya maka ia hendaknya meluruskan punggungnya sehingga apabila diletakkan wadah berisi air niscaya wadah tersebut tidak akan tumpah.


5. Melakukan gerakan sholat bersamaan dengan gerakan yang dilakukan oleh imam pada waktu sholat berjama’ah.


6. Merenggangkan jari-jari pada waktu nelakukan sujud.
7. Tidak merapatkan antara kedua kaki ketika melakukan sujud.
8. Sebagian orang pada waktu melakukan salam, ia menggerakkan kepalanya dengan mengangkat atau menundukkanya dari berpaling kekanan atau kekiri.


9. Merenggangkan jari-jari tangan pada waktu meletakkan jari-jari tangan ketika duduk tasyahud.


10. Memandang tempat sujud ketika melakukan tasyahud.


Kesalahan-kesalahan tersebut diambil dari buku 221 Kesalahan dalam Sholat beserta koreksinya karya Abdul Aziz bin Nashir al-Musainid dengan disertai komentar dari Syaikh Aldullah al-Jibrin


Untuk mengetahui penjelasan yang lebih banyak dan detail serta disertai dengan dalil-dalil yang shohih, silahkan baca kitab Sifat Sholat Nabi karya Syaikh Nasiruddin Albani

Tidak ada komentar: