Minggu, 30 Desember 2007

SI MERAH MANIS PEMULIH STAMINA


Buah yang berwarna merah ini sangat disuka di masyarakat, selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah ini juga dapat meningkatkan stamina, sehingga tubuh segar kembali.
Buah leci banyak mengandung zat gula sukrusa dan glukosa. zat inilah yang memungkinkan tubuh mempunyai cadangan energi yang cukup banyak dan cadangan energi inilah yang dibutuhkan oleh seseorang ketika dalam masa-masa pemulihan kesehatan setelah sakit.


Leci juga kaya akan serat pangan (dietary fiber), mengandunag karbohidrat dan protein yang tinggi, kadar lemaknya rendah, kandungan airnya tinggi yaitu sekitar 77 - 83 % dari total berat buah. Leci mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sekitar 71,5 mg per 100 gram berat daging buah. Kadar ini melebihi kadar kebutuhan vitamin C dalam tubuh orang dewasa yang mencapai 50 mg per hari. Vitamin C merupakan salah satu anti oksidan yang dibutuhkan untuk memperkuat daya tahan tubuh dari radikal bebas.


Dalam buah leci terkandung banyak unsur mineral seperti forfor, magnesiaum kalsium dan kalium. Kandungan kalium buah leci sudah cukup tinggi yaitu berkisar 171 mg/100 gr dari berat buah. Kalium ini sendiri berfungsi untuk melancarkan denyut jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga keseimbangan cairan pada jaringan sel, mengaktifkan otot dan mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel seluruh tubuh. Perpaduan inilah yang membuat buah leci sangat baik dikonsumsi oleh manusia berbagai usia.


Cara Pemakaian :

1. Badan lemah setelah sakit. Ambil 60 - 150 gr buah leci yang segar, buang kulitnya lalu makan sinya. Lakukan setiap hari selama kurang lebih 2 minggu.

2. Hernia dan buah zakar membengkak. Sediakan 30 gr biji buah leci, 15 gr biji adas, dan 30 gr biji wampe china (Clausena Lonsium). Tumbuk semua bahan, tambahkan air lalu dididihkan. Minum sekali dalam sehari.

3. Asma. Ambil 120 gr buah leci kering yang sudah dikupas kulitnya. kukus dalam wadah tertutup kemudian lumatkan.

4. Diare karena limpa lemah. Ambil 30-60 gr leci kering. Buanng kulitnya dan tambahkan kurma cina. tambahkan air dan didihkan.

Tidak ada komentar: